Amnesti Internasional meminta FIFA mengambil sikap terhadap Qatar

stadion untuk piala dunia di qatar
stadion untuk piala dunia di qatar

Asosiasi hak azasi manusia, Amnesti Internasional telah meminta FIFA untuk mengambil sikap terhadap Qatar terkait pelanggaran hak pekerja imigran di Qatar.

 

Amnesti Internasional dalam laporan setebal 166 lembar mengklaim jika pekerja imigran yang datang ke Qatar untuk bekerja pada proyek konstruksi persiapan Piala Dunia 2022 dipaksa kerja tanpa gaji, kondisi lingkungan kerja yang keras dan berbahaya serta standard akomodasi yang sangat buruk.

 

Sekjen Amnesti Internasional, Salil Shetty mengatakan:"Penemuan kami mengindikasikan adanya ekploitasi pada sektor konstruksi di Qatar."

 

"FIFA mempunyai tugas untuk mengirim pesan ke publik bahwa mereka tidak akan mentoleransi pelanggaran HAM pada proyek-proyek konstruksi yang berkaitan dengan Piala Dunia."

 

"Qatar merekrut banyak pekerja dari luar dengan iming-iming gaji menarik untuk mengerjakan proyek-proyek konstruksi. Banyak imigran yang tiba di Qatar dengan banyak harapan namun pada akhirnya harus kecewa. Tidak ada waktu untuk menunda, pemerintah harus bertindak untuk mengakhiri ini."

 

Sebagai respons dari FIFA, Amnesti Internasional menerima surat bertanggal 9 Oktober 2013 yang dibalas langsung oleh wakil presiden Jerome Valcke, dalam suratnya tertulis: "Masalah hak pekerja dan lingkungan kerja di Qatar termasuk dalam topik yang dibahas presiden  FIFA, Blatter dalam pertemuan dengan Komite Eksekutif FIFA dan Blatter akan membawa masalah ini untuk ditindaklanjutin otoritas tertinggi di Qatar." 

Write a comment

Comments: 2
Friends I follow

Hal unik di Jepang